Kiat Esemka, Calon Mobnas yang Menjanjikan

Setelah sebelumnya di era orde baru kita mempunyai mobil-mobil seperti Timor, Maleo, dan Bimantara, industri mobil dengan merek Indonesia memiliki prospek yang menurun. Pernah beberapa kali industri kecil membuat mobil, akan tetapi dengan bentuk yang kurang menarik membuat produksi tidak bertahan lama. Akan tetapi disaat ini ada sebuah prospek mobil nasional baru yang diharapkan dapat pesat, seperti mobil Proton di Malaysia.
Proyek mobil nasional yang digarap siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia berlanjut. SMK mengenalkan mobil Esemka terbaru yang dinamai Kiat Esemka.

Berbeda dengan mobil Esemka terdahulu, untuk Kiat Esemka, mobil ini sepertinya merupakan perpaduan bentuk Kijang Innova, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V. Dengan desain yang elegan, gagah, dan sederhana.

Inilah yang menjadi daya pikat di pameran inovasi SMA-SMA se-Jateng.

Mobil berlabel 'Kiat Esemka' itu dipajang di dekat panggung Hall Bale Merapi PRPP Semarang, Kamis (30/9/2011).

Pengunjung datang silih berganti. Sebagian mengamati dengan hanya mengelilingi mobil, sebagian membuka-buka pintu untuk melihat interior.

Mobil 1.500 cc itu dikerjakan selama 3 bulan di tahun 2011. Bentuknya seperti Nissan X-Trail, tapi kalau dilihat dari depan mirip Honda CR-V. Sementara kalau dilihat dari belakang layaknya Kijang Innova.

Meski perakitan total dikerjakan siswa SMK Trucuk, sesungguhnya mobil itu merupakan kerja bareng SMK lain. Sebagian 'organ dalam' alias mesin mobil tersebut merupakan karya siswa SMK Magelang dan Jakarta.

"Kami merancang bodi, dari awal hingga akhir dan juga merakit semuanya," kata Irwan Yunanto, siswa kelas XII SMK tersebut.

Ketika ditanya soal bentuk mobil, Irwan mengaku tidak tahu pasti blue print mobil kreasi sekolahnya. Sebab, desain itu merupakan rancangan kakak kelasnya yang saat ini sudah lulus. Dia dan teman-temannya melanjutkan 'proyek' tersebut.

Mobil model Esemka 1.5i ini memiliki panjang panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, dan tinggi 1,84 meter serta mampu mengangkut 7 penumpang. Bahan bakarnya bensin premium dengan kapasitas tangki 75 liter.

Dan orang pertama yang membeli mobil ini adalah walikota Solo, Joko Widodo dan wakil Walikota FX.Hadi Rudyatmo. hal ini diharapkan memotivasi orang lain untuk ikut serta meramaikan bursa mobil nasional ini sehingga dapat menekan bahkan menggantikan mobil luar negeri di Indonesia.

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.